Alif Stone Park, Indahnya Peninggalan Zaman Megalitikum

Memang tidak ada habisnya bila kita berbicara keindahan dari Kepulauan Riau ya. Sebut saja Bintan dan Batam yang sudah menjadi primadona para wisatawan luar maupun dalam negeri karena panorama pinggir pantai dan lautnya yang luar biasa indah. Sepanjang mata memandang, hanya pasir putih pantai dan jernihnya air laut yang terlihat membuat siapapun yang datang kesana, tidak akan pernah merasa bosan.

Tidak hanya kedua tempat itu saja yang dimiliki Kepulauan Riau atas keindahan panorama pantai dan lautnya. Di bagian paling utara Indonesia, terdapat Pulau Natuna yang menyimpan kekayaan batu alam. Berjarak sekitar 10km dari pusat kota Ranai, Alif Stone Park terkenal karena hamparan batu-batu besar peninggalan zaman Megalitikum yang terbentuk secara alami. Taman sebesar 3 hektare ini tidak hanya menampilkan keindahan bongkahan batu-batu besarnya saja, namun kejernihan dan kehangatan air laut yang bisa membuat orang betah berlama-lama tinggal.

Pertama kali melihat betapa indahnya jajaran batu-batu peninggalan zaman dahulu ini, saya langsung takjub dengan bentuk mereka. Mungkin kalau saja tidak mendengar sejarah terbentuknya, saya akan mengira kalau tempat ini adalah taman batu yang dibuat oleh para ahli pemahat batu. Namun, ternyata salah karena semua batu-batu besar indah ini terbentuk secara alami dengan sendirinya. Beberapa ahli IPA menyebutkan bahwa hampir semua batu-batu yang berada ditempat ini terkategorikan kedalam kelas A granit dan masing-masing dari mereka mempunyai bentuk berbeda.

Mengapa dinamai Alif Stone Park? Karena ada sebuah batu besar yang berdiri gagah tanpa menyentuh tanah dengan didukung oleh 11 batu yang ada dibawahnya. Bentuk atas batu ini seperti telur dengan ketinggian mencapai 9 meter. Yang membuatnya lebih istimewa lagi adalah kemiripan bentuk batu ini dengan huruf Alif (Huruf pertama dalam alfabet Arab). Maka dari itu, si penemu bapak H. Both Sudargo, Ir. menamainya dengan ‘Batu Alif’ atau ‘Alif Stone’.

Ditempat ini, kita bisa menjelajahi batu-batu besar dengan melewati jembatan-jembatan kecil yang menghubungkan batu satu dengan yang lain dan juga terdapat tangga yang memudahkan kita untuk bisa menempuh bagian atas batu. Jika ingin mencari pengalaman lain, tempat ini juga menyediakan berbagai olahraga air, tidak juga lupa terdapat penginapan dan tempat-tempat penyedia cendera mata.

Tidakkah batu-batu besar maha karya Tuhan yang indah ini membuat kalian ingin mengunjungi Pulau Natuna? Pasti jawabannya Iya. Saya pun ingin merasakan berada diantara batu-batu besar dengan indahnya panorama laut disekitar. Pasti sangat menyenangkan bukan?

pic cr: http://www.alifstonepark.net

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s